10 Alasan Kenapa Kita Butuh Menikah, Kesehatan adalah Salah Satunya!

Advertisement

Jika ditanya kenapa kita butuh menikah, mungkin sebagian orang akan sulit menjawabnya. Karena, biasanya seseorang menikah dengan alasan cinta dan ingin hidup bersama pasangan.

Tapi, alasan kita butuh menikah sebenarnya memiliki jawaban yang cukup banyak dan cukup dalam. Meskipun begitu, tapi setiap pasangan tidak wajib untuk mengetahuinya. Karena alasan-alasan yang kami sebutkan sifatnya lebih kepada kebutuhan bagi orang-orang yang bisa dibilang belum memilikinya.

alasan menikah akadnikah.net

Apa Alasan Utama Orang Menikah?

Penasaran apa saja alasannya? Berikut akadnikah.net bagikan daftar beserta penjelasannya. Silahkan disimak baik-baik.

1. Agar lebih bahagia

Alasan yang pertama adalah agar kita lebih bahagia. Sebelum menikah, banyak orang yang hidup sendiri, melakikan semuanya sendiri, bahkan tidak sedikit juga yang selalu dihantui rasa kesepian. Hal itu membuat orang tersebut sulit untuk mendapatkan kebahagiaan. Terlebih lagi, beberapa orang bahkan memiliki kesehatan mental yang cukup buruk dari kehidupan mereka.

Dalam hal ini, pasanganmu bisa hadir menemani hidupmu agar lebih berwarna. Menjalani hidup dengan penuh cinta bersama orang terkasih di setiap harinya bisa mendatangkan banyak kebahagiaan. Karena itulah, pernikahan bisa memberikan seseorang kehidupan baru yang mungkin lebih baik daripada kehidupan ia yang sebelumnya.

2. Baik untuk kesehatan

Alasan kenapa kita butuh menikah yang kedua adalah karena baik untuk kesehatan. Dengan menikah, kita bisa lebih menjaga kesehatan fisik maupun mental. Mengurangi stres dan mengurangi kecemasan merupakan 2 contoh manfaat yang bisa didapatkan dari pernikahan bagi kesehatan mental.

Selain itu, pernikahan juga dinilai memiliki dampak baik bagi kesehatan fisik. Contohnya seperti meningkatkan kualitas tidur, memperkecil resiko sakit jantung, dan gaya hidup jadi lebih sehat. Selain itu, menikah juga dinilai bisa membuat seseorang cepat pulih dari sakit. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan yang diberikan saat seseorang menderita sebuah penyakit.

3. Meningkatkan stabilitas finansial

Pernikahan bisa menjadi solusi bagi orang yang memiliki kualitas finansial yang buruk. Gaji yang sedikit bukan alasan untuk menunda pernikahan. Karena dengan menikah, kamu dan pasanganmu nanti bisa bahu membahu membangun keuangan keluarga yang stabil. Selain itu, kamu juga bisa menggabungkan gajimu dan pasanganmu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini tentunya akan membuat kebutuhan keuanganmu menjadi lebih ringan.

Selain itu, biasanya pria yang sudah menikah memiliki motivasi yang besar untuk menafkahi istrinya. Hal ini bisa membuat semangat bekerja menjadi lebih besar untuk mendapatkan uang yang lebih banyak lagi.

4. Merencanakan masa depan yang baik

Merencanakan masa depan sepertinya cukup sulit jika hanya seorang diri. Karena itulah, kamu harus memiliki orang lain di sisimu yang bisa memberikan gambaran masa depan yang lebih indah daripada rencana individualmu. Karena, rencana individu biasanya hanyalah sebuah ambisi tentang hidup enak dan hal-hal yang kurang penting lainnya.

Selain merencanakan, mewujudkan masa depan seorang diri sepertinya juga cukup sulit. Pentingnya pasangan dalam hal ini adalah membantumu untuk mewujudkan semua hal yang sudah kalian rencanakan. Entah dukungan itu diberikan secara nyata, atau hanyalah sebuah motivasi bagi kamu yang ingin membuatnya bahagia, keduanya merupakan hal yang baik.

5. Adanya dukungan dalam keadaan sulit

Masalah datang secara tidak terduga, dan bahkan bisa membuat kita masuk dalam keadaan terburuk dalam hidup. Masa-masa sulit, seperti namanya, pasti akan terasa sulit untuk dirasakan dan untuk dilalui. Tapi, sepertinya tidak terlalu sulit jika dihadapi dengan pasanganmu.

Entah itu penyakit, ekonomi, pekerjaan, atau yang lainnya, keadaan sulit tersebut bisa lebih ringan jika dihadapi dengan pasangan. Karena, pasangan memiliki peran penting dalam menghadapi masa-masa sulit di dalam hidupmu. Mereka bisa memberikan dukungan moral yang sangat baik untuk meningkatkan semangatmu dalam berjuang. Selain itu, mereka juga biasanya akan bersedia untuk membantumu dalam menghadapi keadaan yang sulit tersebut.

6. Gaya hidup menjadi lebih baik

Orang yang belum menikah, terutama laki-laki, biasanya memiliki gaya hidup tidak teratur yang cukup buruk. Hal ini bisa memberikan dampak yang cukup buruk jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Bagi kamu yang merasa gaya hidupmu tidak baik, sebaiknya kamu segera menikah dengan orang yang dinilai bisa memperbaikinya.

Seorang laki-laki melakukan apapun demi wanita yang dicintainya, termasuk mengubah gaya hidupnya. Selain itu, seorang wanita juga biasanya akan menjadi lebih baik jika bersama laki-laki yang dicintainya. Hal tersebut membuat hubungan pernikahan menjadi simbiosis mutualisme dan memperbaiki gaya hidup.

7. Terhindar dari perbuatan maksiat

Bagi kamu yang terus memegang teguh ajaran agama, menikah merupakan solusi untuk menghindari perbuatan maksiat seperti zina. Para remaja biasanya memiliki kebiasaan yang buruk dalam menyalurkan nafsu seksualnya, contohnya seperti berhubungan seks dengan orang yang bukan pasangan sah-nya.

Hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang akan menimbulkan banyak hal buruk jika dibiarkan. Karena itulah, pernikahan memiliki peran yang sangat penting untuk menyalurkan nafsu seksual ke arah yang baik. Dengan menikah, kamu tidak perlu lagi melanggar norma agama dan menjadi orang yang hina. Karena, pernikahan tersebut akan membentengi dirimu dan pasanganmu dari berbagai perbuatan maksiat.

8. Menjadi pribadi yang lebih dewasa

Manfaat menikah selanjutnya adalah agar seseorang menjadi lebih dewasa. Biasanya, seseorang akan memiliki ego yang tinggi dan cenderung mementingkan diri sendiri dalam berbagai hal. Hal tersebut membuat seseorang cenderung terlihat seperti anak kecil yang belum dewasa.

Pernikahan akan menyatukan 2 orang dengan ego berbeda di dalam satu atap. Hal tersebut akan membuat 2 orang tersebut beradaptasi untuk saling menghargai, saling mendukung, saling memaklumi, saling membantu, dan masih banyak lagi. Dengan memiliki pengalaman hidup bersama orang yang berbeda dengan kita, kita bisa lebih memahami orang lain dan bagaimana cara menghadapi orang lain.

9. Agar memiliki keturunan

Mendapatkan keturunan merupakan alasan kenapa kita butuh menikah. Tentunya kamu tidak ingin garis keturunan keluargamu terputus oleh dirimu. Karena itulah, menikah memiliki peranan yang penting untuk mendapatkan keturunan.

Meskipun keturunan bisa didapatkan dengan tidak menikah, tapi hal itu merupakan suatu perbuatan buruk yang hina, baik menurut agama maupun menurut masyarakat sekitar. Selain itu, hal ini biasanya juga akan berdampak buruk bagi anakmu di mata orang lain.

10. Menghindari prasangka buruk orang lain

Alasan kenapa kita butuh menikah yang terakhir adalah untuk menghindari prasangka buruk orang lain. Tidak sedikit orang yang suka mencampuri kehidupan orang lain hanya untuk bahan omongan. Hal tersebut pastinya membuatmu resah dan dianggap negatif oleh orang lain. Karena itulah, menikah bisa meminimalisir prasangka buruk dari orang lain.

Kesimpulan

Menikah memang merupakan sesuatu yang bisa dibilang cukup penting. Tapi, jangan sampai kamu menikah dalam keadaan yang belum siap. Karena, bisa saja bukan manfaat yang akan kamu dapatkan, kamu malah mendapatkan banyak masalah dari pernikahan tersebut.

Advertisement

Menyediakan artikel berkualitas seputar pranikah, tips pernikahan, dan parenting.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *